Microsoft Excel

Program Komputer

Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet yang paling popular dan banyak digunakan, terutama untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. File yang anda buat dan disimpan dalam Microsoft excel disebut Workbook atau Lembar Kerja.

microsoft excel

Pada umumnya lembar kerja digunakan untuk membuat table, sedangkan pengisian data dilakukan kolom demi kolom. Dengan adanya perpindahan pointer secara otomatis tersebut, maka pengisian data menjadi lebih cepat.

  • Aktifkan sel yang akan diisi data dengan mengetik sel yang bersangkutan
  • Ketikan data sesuai dengan keinginan anda
  • Tekan tombol enter

 

Rumus/Formula

Formula adalah isian cell yang didapat dari hasil perhitungan ekspresi berdasarkan referensi cell lain, konstanta, operator yang sejenis (sesuai tipe datanya) dan menghasilkan suatu nilai. Dengan memanfaatkan rumus, anda dapat melakukan berbagai perhitungan mulai dari yang sederhana sampai yang cukup rumit. Jangan lupa awali dengan mengetik tanda “sama dengan” (=) sebelum memasukan suatu rumus.

Rumus dalam Microsoft Excel terdapat 5 buah :

^  (karat)      : mempunyai fungsi untuk operasi pemangkatan.

/   (slash)       : mempunyai fungsi untuk operasi pembagian.

*   (asterisk)  : mempunyai fungsi untuk operasi perkalian

+  (plus)         : mempunyai fungsi untuk operasi penjumlahan.

–   (minus)     : mempunyai fungsi untuk operasi pengurangan.

Contoh : apabila ada rumus Y= (A+B3)x1,5%

Maka penulisan dalam Microsoft excel adalah

“= (A2+B2^3)*1.5%”

Fungsi

Fungsi adalah formula yang dirancang sebelumnya untuk menghemat waktu dan menghindarkan anda dari masalah pembuatan formula yang cukup rumit dan pemecahan masalah yang tidak dapat dilakukan dalam perumusan matematika.

Penulisan rumus dapat dilakukan dengan 2 cara :

1.   Ditulis langsung di Dalam sel

Pertama kalinya anda harus mengaktifkan sel yang akan anda isi dengan fungsi. Kemudian ketik tanda sama dengan (=). Selanjutnya ketik fungsi seperti apa yang anda kehendaki dilanjutkan dengan langkah sesuai dengan struktur yang dibutuhkan. Setelah selesai tekan enter.

2.   Menggunakan fasilitas  Paste Function

Dalam Microsoft Excel tersedia sebuah lambang paste function [fx] pada Toolbars.

Langkah-langkah menggunakan paste function :

1)    Aktifkan sel yang akan anda isi

2)   Klik tombol [fx] pada toolbars

3)    Pilih kategori fungsi yang anda inginkan, misal kategori statistik

4)    Pilih suatu nama fungsi yang anda inginkan , misal SUM

5)    Klik tombol OK

 

Mangatur Garis bingkai atau border

Sel atau range dalam Microsoft excel dapat diberi suatu bingkai

Langkah-langkah membuat bingkai :

  • Blok range/sel yang akan di border
  • Klik menu format Cells
  • Klik tab Border
  • Klik jenis dan warna bingkai pada line style & line color
  • Pilih letak untuk garis border yang diinginkan pada presets Outline atau Inside, atau pada Border.
  • Klik OK

Membuat 2 desimal dibelakang koma

  • Drag cell yang akan dibuat 2 desimal
  • Klik kanan
  • Klik format cell
  • Klik number
  • Number       decimal palces = 2
  • Klik Ok

 

Memberi Rp pada Harga Nota penjualan

  • Drag cell yang akan diberi Rp
  • Klik kanan
  • Klik format cell
  • Klik number
  • Klik accounting : Rp

 

Fungsi-fungsi yang sering digunakan

Fungsi statistical

Fungsi statistical yang sering digunakan dalam perhitungan mengolah data

 

Nama Fungsi arti contoh
SUM Menghitung jumlah dari argument =SUM(argument)
AVERAGE Rata-rata nilai dari argument =AVERAGE(argument)
MAX Nilai terbesar dari argument =MAX(argument)
MIN Nilai terkecil dari argument =MIN(argument)
COUNT Jumlah item nilai dari argument =COUNT(argument)

Fungsi Vlookup

Funsi vlookup berasal dari kata vertical Lookup. Funsi ini dimanfaatkan untuk menyalin data dari table yang bentuknya vertical.

Secara umum bentuk penulisan dari funsi vlookup adalah

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup).

Fungsi H-lookup

Fungi H-lookup berasal dari kata Horizontal Lookup. Fungsi ini dimanfaatkan untuk menyalin data dari sebuah table yang berbentuk horizontal.

Secara umum bentuk penulisan dari funsi H-lookup adalah

=H-lookup(lookup_value,table_array,Row_index_num,range_lookup).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: